Apakah Bisa Operasi Katarak Setelah Lasik?

Apakah Bisa Operasi Katarak Setelah Lasik?

Jika dulu seorang pasien pernah Lasik dan sekarang terkena Katarak, lalu apakah bisa operasi Katarak setelah Lasik? Beberapa pasien menanyakan pertanyaan tersebut, karena pada dasarnya operasi Katarak dan juga operasi Lasik merupakan operasi yang dilakukan di sekitar bola mata yang bertujuan untuk menyembuhkan penyakit atau juga kelainan refraksi mata.

Jika ditinjau dari penyebabnya dan jenis gangguan atau kelainan refraksi mata tersebut bukan terjadi karena penyebab yang sama dan berbeda jenisnya. 

Lalu apakah bisa jika operasi Katarak setelah Lasik ? Simak informasi lebih lengkapnya pada penjelasan berikut ini !

Apa Itu Lasik ?

Sebelum menuju ke informasi, apakah bisa operasi Katarak setelah Lasik? Sebaiknya anda perlu tahu dulu tentang Lasik.

Operasi LASIK (Laser-Assisted in Situ Keratomileusis) adalah prosedur bedah refraktif yang digunakan untuk mengoreksi masalah penglihatan seperti rabun dekat (myopia), rabun jauh (hyperopia), dan mata Silinder (astigmatisme), sehingga terbebas dari alat bantu penglihatan seperti kacamata dan contact lens.

Pada dasarnya, Lasik adalah salah satu metode atau teknik yang termasuk dalam Laser Vision Correction (LVC). Namun, sebagian besar masyarakat mengenal metode Laser Vision Correction (LVC) dengan sebutan Lasik. Operasi Lasik ini bukan sesuatu hal baru karena faktanya operasi ini sudah ada sejak awal tahun 1980 dengan hak paten pertama kali di tahun 1985, yang kemudian dipraktekkan sejak awal 1990 di Amerika Serikat, dan masuk ke Indonesia pada tahun 1997.

Operasi ini terbagi menjadi beberapa metode, antara lain : 

  1. Zeiss SMILE adalah metode bedah refraktif yang lebih canggih dari PRK dan LASIK, hampir  tidak terasa sakit dengan pemulihan yang lebih cepat. Sebelumnya metode ini dikenal dengan Relex SMILE dan kini berganti menjadi Zeiss SMILE
  2. FEMTO LASIK (Laser Assisted In-Situ Keratomileusis) adalah adalah generasi kedua laser vision correction. Dimana, proses pemulihan berlangsung cepat dan dampak pasca operasi lebih nyaman daripada PRK, serta efek terjadinya mata kering pasca lasik lebih ringan.
  3. PRK (Photorefractive Keratectomy) merupakan generasi pertama Laser Vision Correction. Prosedur ini dilakukan dengan ablasi atau dilepasnya permukaan Kornea. PRK sendiri cocok dan aman untuk pasien dengan kornea tipis.

Baca juga : 
Operasi Katarak Gratis 
OPERASI KATARAK BERAPA LAMA? INI DURASI ECCE, SCIS, DAN PHACO

 

Apa Itu Operasi Katarak ?

Pada penjelasan sebelumnya telah dijelaskan tentang Lasik, maka penjelasan kali ini akan mengulas terlebih dahulu tentang operasi Katarak, sebelum menjawab pertanyaan apakah bisa operasi Katarak setelah Lasik?

Katarak adalah kondisi medis dimana lensa mata menjadi keruh atau buram, mengganggu kemampuan mata dalam memfokuskan cahaya yang masuk. Katarak biasanya terjadi secara perlahan-lahan seiring dengan proses penuaan, tetapi juga bisa terjadi karena faktor lain seperti penyakit, cedera pada mata, atau riwayat keluarga. 

Operasi Katarak adalah tindakan bedah untuk mengangkat lensa yang keruh atau buram dan menggantinya dengan lensa buatan atau lensa kontak yang bersih dan jernih. Operasi katarak merupakan salah satu jenis operasi mata yang paling umum dilakukan dan seringkali dianggap sebagai tindakan yang relatif aman dan efektif dalam mengatasi katarak.

Operasi Katarak biasanya dilakukan dalam beberapa tahap, antara lain : 

  1. Pembiusan; Pasien akan diberikan anestesi lokal oleh dokter mata untuk tidak membuatnya merasakan sakit
  2. Pembukaan Kornea; Dokter bedah akan membuat sayatan kecil pada kornea mata untuk memperoleh akses ke lensa yang keruh 
  3. Pengangkatan Lensa; Lensa mata yang keruh akan dipecah dan diangkat menggunakan alat khusus 
  4. Pemasangan Lensa Buatan; Setelah lensa yang keruh diangkat, dokter bedah akan memasang lensa buatan atau lensa kontak yang bersih dan jernih di tempatnya. 
  5. Penutupan Sayatan; Setelah selesai, sayatan pada kornea mata akan ditutup dengan jahitan atau penutup khusus. 

Baca juga : 
TAHAPAN PENANGANAN AWAL TRAUMA KIMIA MATA TERNYATA BISA DIPRAKTIKKAN DENGAN MUDAH
BENARKAH BPJS KESEHATAN MENANGGUNG OPERASI KATARAK? INI 4 SYARATNYA

 

Operasi Katarak Setelah Lasik

Meninjau dari penjelasan sebelumnya bahwa, jenis dan juga penyebab gangguan atau kelainan refraksi itu sudah berbeda. Jadi operasi Katarak setelah Lasik bisa dilakukan.

Bagi penderita kelainan refraksi yang sudah pernah melakukan lasik, masih bisa melakukan operasi katarak. Sebab, katarak ini terjadi akibat penuaan dan tidak bisa dihindari. 

Karena prosedur yang berbeda antara Lasik dan Katarak, maka setiap pasien yang mudanya pernah Lasik, tetap bisa menjalankan operasi katarak dan mendapatkan penglihatan terbaiknya, di usia senja sekalipun. 

Ayo jangan ragu untuk melakukan operasi Katarak setelah Lasik, tentunya harus konsultasi dokter mata terlebih dahulu. 

 

Comments

Popular posts from this blog

Jasa Pembuatan Mesin Gudang Pendingin Untuk Bisnis Komoditi di Lampung

Sistem Cold Storage PT. Bangkit Jaya Teknik Indonesia: Solusi Mesin Pendingin Usaha Catering

Backlink yang berkualitas seperti apa?